Gmail Dapat Digunakan Secara Offline di Ponsel

Belum sampai sebulan berlalu sejak Google mengumumkan fitur pemakaian Gmail secara offlinedesktop melalui teknologi Google Gears, kini di Mobile World Congress Vic Gundotra yang menjabat posisi VP of Engineering di Google memperlihatkan sebuah versi Gmail yang juga mendukung pemakaian offline untuk ponsel pintar seperti iPhone dan HTC Magic (Android).

Perbedaan utama implementasi fitur offline Gmail mobile adalah fakta bahwa mereka bahkan tidak perlu menggunakan Google Gears untuk menyimpan data secara lokal, melainkan menggunakan dua komponen kunci HTML 5 yaitu "Database" dan "App Cache". Selain dapat membaca email secara offline, versi mobile ini juga mendukung penggunaan label, fitur-fitur lain masih belum banyak didiskusikan, tetapi seharusnya kita akan mendengar lebih banyak lagi berita tentang fitur ini menjelang diluncurkannya versi baru Gmail.

Gundotra juga menekankan bahwa versi mobile Gmail memiliki tampilan yang sama persis, baik di iPhone maupun HTC Magic yang menggunakan browser berbeda (walaupun tetap berbasis WebKit), menambahkan bahwa para pengembang tentunya sangat senang dengan inovasi ini, karena mereka kini hanya perlu menulis satu aplikasi saja yang langsung dapat dipakai di semua platform dengan browser yang mendukung HTML 5.

Selain Gmail, Gundotra juga memperlihatkan Google Maps baru untuk Palm Pre, sebuah ponsel pintar buatan Palm dengan WebOS yang juga mendukung kapabilitas multi touch.

di

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply