Rencana Kenaikan BBM

Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan DPR mengadakan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan komisi terkait untuk membahas rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Selain kenaikan harga BBM, rapat konsultasi yang dipimpin Ketua DPR Agung Laksono di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, juga membahas mekanisme pengisian kekosongan jabatan Wakil Ketua DPR pasca pemberhentian Zaenal Maarif dari posisi tersebut.

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM menyusul terjadinya kenaikan harga minyak dunia yang telah mencapai 120 dolar AS per barel.

Lonjakan harga minyak dunia telah berpengaruh langsung kepada Indonesia, di mana pemerintah melalui APBN masih memberi subsidi BBM bagi masyarakat.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Boediono menjelaskan pemerintah akan segera menaikkan harga BBM bersubsidi secara terbatas, dengan memberikan kompensasi cukup besar kepada masyarakat golongan ekonomi lemah.

Dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/5), Boediono juga mengatakan, pemerintah akan menghemat secara total konsumsi BBM dan listrik.

Upaya penghematan yang dilakukan antara lain melalui konversi energi, penghitungan tarif listrik dengan disinsentif dan pengaturan penggunaan listrik di kantor-kantor.

Penghematan BBM, lanjutnya, dilakukan dengan menggunakan kartu pintar (smart card) untuk membatasi premium dan solar bersubsidi yang akan diuji coba di beberapa daerah dan kartu kendali buat membatasi minyak tanah bersubsidi.

Selain itu, pemerintah juga terus melalukan program penghematan belanja negara yang sudah diputuskan APBN Perubahan 2008.

Mengenai pemberian kompensasi bagi masyarakat miskin, menurut Boediono, masih dibahas mekanisme dan besaran bantuan yang diberikan.

Sementara itu, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, pemerintah saat ini sedang mengkaji kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 20 persen, 25 persen, dan 30 persen.

"Jadi kenaikan BBM-nya maksimal 30 persen," kata Paskah, di sela-sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Selasa.

Mengenai kapan keputusan besaran kenaikan harga BBM, Paskah mengatakan, pemerintah masih melakukan kajian-kajian untuk berbagai persiapannya dan minimal membutuhkan waktu sekitar dua minggu. (*)

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply