Archives

DAMPAK DARI KENAIKAN BBM

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, pemerintah berecana akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada dua pekan terakhir Februari 2004. Bahkan kini, harga dari beberapa jenis BBM seperti Premix sudah naik lebih dulu. Kenaikan ini sudah pasti menimbulkan pro dan kontra yang luas di pentas nasional. Bagi yang pro dengan kebijakan itu tentunya mengharapkan kebijakan tersebut akan membawa perbaikan ekonomi makro di waktu-waktu mendatang. Sedangkan bagi yang kontra khawatir bahwa kebijakan tersebut akan memperburuk perekonomian rakyat banyak. Masyarakat yang kontra jauh lebih besar daripada yang pro dengan rencana kenaikan harga BBM karena masyarakat cenderung menilai setiap kebijakan ekonomi secara jangka pendek dan yang langsung menyentuh kehidupan mereka. Dalam kondisi perekonomian masyarakat yang sangat memprihatinkan saat ini, tidaklah salah apabila mereka mengabaikan kepentingan ekonomi makro, lebih-lebih yang berwawasan jangka panjang. Tenaga dan pikirannya hanya habis digunakan untuk berusaha mengambil kebutuhan ekonomi jangka pendek dan tidak sedikit yang hanya sekadar mempertahankan hidup. Maka setiap terjadi rencana kebijakan yang dapat mengganggu usaha tersebut, termasuk rencana kenaikan harga BBM kali ini, perlu untuk dicegah. Masyarakat akan membayangkan dampak buruk yang akan terjadi jika harga BBM betul-betul dinaikkan.
Kenaikan BBM pada saat bersamaan semakin menambah beban masyarakat yang sampai saat ini masih juga menanggung beban krisis ekonomi. Kenaikkan BBM akan mengakibatkan efek domino di masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial-politik. Secara ekonomi, kenaikan tersebut akan mengakibatkan kenaikan harga-harga dan barang jasa (inflasi), bahkan kenaikan tersebut bisa tak terkendali menyusul kenaikan BBM itu. Seperti diungkapkan Deputi Bidang Statistik Ekonomi BPS (Badan Pusat Statistik), kenaikan BBM yang cukup signifikan ini dikhawatirkan akan memicu inflasi besar-besaran selama triwulan pertama tahun 2005. Kenaikan laju inflasi itu akan tercermin dari naiknya harga sejumlah komponen kebutuhan pokok masyarakat, berupa barang dan jasa.
Secara sosial-politik kebijakan menaikkan harga ketiga komponen tersebut juga akan menimbulkan kerawanan sosial di masyarakat. Di tengah kehidupan sosial-ekonomi yang semakin terhimpit krisis, kebutuhan hidup semakin melambung se-mentara, daya beli masyarakat semakin rendah, bukan tidak mungkin masyarakat akan menunjukkan penolakan secara lebih luas dan intensif. Unjuk rasa terus-menerus akan sangat potensial menimbulkan ketidakstabilan sosial-ekonomi dan keamanan.

Alternatif
Padahal persoalannya tak sesederhana bayangan orang awam, bahwa kebijakan kenaikan BBM bertujuan menyusahkan rakyat luas. Persoalannya sekarang, bagaimana pemerintah melakukan langkah-langkah untuk mengimbangi kenaikan harga BBM akibat pencabutan subsidi tersebut. Kita berpendapat, bila harga BBM naik, maka pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan. Atau lebih dari itu, pemerintahan dituntut untuk menaikkan tingkat pendapatan masyarakat. Misalnya, dengan membuka lapangan kerja baru atau menaikkan upah atau gaji. Dalam mengelola ekonomi, pemerintah terkesan tidak mempunyai management yang baik, dan lemah koordinasinya. Kenaikan harga-harga beruntun tersebut menyebabkan seluruh unit ekonomi harus merespons pukulan tersebut dan melakukan anggaran-anggaran pengeluarannya.
Kebijakan pemerintah tersebut merupakan dilema dan keputusan yang berat dan berisiko bagi pemerintah. Di satu sisi, bahwa kebijakan menaikkan BBM atau pencabutan subsidi BBM harus dilakukan dan sulit dihindarkan dalam rangka penyesuaian atau revisi anggaran APBN 2005, tapi di sisi lain masyarakat saat ini masih ditimpa kesusahan hidup akibat krisis ekonomi yang belum juga membaik. Sehingga, masyarakat menilai momentum kenaikan harga BBM tersebut kurang tepat. Bagi pemerintah pun, mengulur atau menunda waktu kenaikan harga BBM berarti menambah beban pemerintah yang semakin besar.
Dalam melakukan reorientasi kenaikan BBM itu pemerintah perlu mengambil teknik penentuan harga yang berlapis. Untuk mengurangi beban masyarakat lapisan bawah, pemerintah diharapkan konsekuen untuk hanya sedikit menaikkan harga jenis BBM yang banyak dikonsumsi masyarakat bawah. Kalau rencana kenaikan harga BBM secara umum adalah 20%, maka minyak tanah dan minyak bakar yang banyak dikonsumsi masyarakat bawah hendaknya jangan sampai naik lebih dari 10%, akan lebih baik tidak dinaikkan sama sekali. Alasannya angka 10% sudah merupakan angka kenaikan yang cukup tinggi bagi masyarakat tak mampu. Untuk premium dan solar, kenaikan sedikit di atas 10% masih wajar karena kelas konsumennya memang lebih tinggi. Sedangkan harga minyak aftur dan avgas yang dikonsumsi oleh kalangan atas, kenaikan harganya dapat jauh lebih tinggi untuk menutup rendahnya kenaikan jenis minyak yang dikonsumsi kalangan bawah.
Setelah jalan itu ditempuh negara perlu menggalakkan pengencangan ikat pinggang dan melakukan revisi besar-besaran dari skala prioritas konsumsi mereka. Bagi kalangan dunia usaha, mereka lebih dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian akibat implikasi dari kenaikan BBM yang diikuti harga lain). Karena dari kenaikan harga tersebut, dapat mereka kompensasikan pada produk yang dihasilkan.
Untuk mengurangi beban golongan masyarakat kurang mampu akibat kenaikan BBM, pemerintah memberikan kompensasi yang diarahkan terutama pada program-program pertanian, pendidikan, pelayanan kesehatan, dan operasi pasar khusus (OPK) beras untuk rakyat miskin. Besarnya kompensasi tersebut perlu dilakukan secara sistematis dengan anggaran memadai dan tepat sasaran.
Karena bertitik tolak dari sejarah masa lalu, pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan selalu diikuti penyimpangan dalam realisasinya. Kebijakan ”pengganti” ini pun seringkali mendapat sorotan dari masyarakat. sampai saat ini masyarakat tidak tahu jelas masalah desain, skenario, sistematika dan realisasi program kompensasi sosial tersebut. Bahkan evaluasi mengenai skenario penyaluran dana tersebut belum pernah dilakukan, apalagi pertanggungjawabannya. Suara-suara kritis untuk melakukan evaluasi dan memberikan pertanggungjawaban sudah didengungkan oleh kelompok masyarakat, namun tampaknya kurang menjadi perhatian utama dari pemerintah. Kondisi ini yang semestinya harus dilakukan pemerintah sebagai ”kompensasi utama” terhadap kebijakan menaikkan BBM
Dengan latar pemaparan di atas, sebelum pemerintah menaikkan harga BBM ada beberapa hal yang harus dipikirkan secara mendalam. Pertama, mengkaji ulang tentang dasar dan tujuan mengapa pemerintah mau menaikkan harga BBM. Selanjutnya, perlu juga dikaji berapa besar angka kenaikkan harga BBM yang lebih pas sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang ini. Kedua, melakukan kajian mendalam terhadap penyaluran hasil pengurangan subsidi BBM. Dan itu harus jelas diketahui oleh masyarakat. Ketiga, menjaga agar dampak yang ditimbulkan oleh kenaikan harga BBM tidak sampai meluas jauh. Keempat, menjamin tersedianya kebutuhan BBM di masyarakat, termasuk dengan menindak segala pelaku penyelundupan BBM.
Bila keempat hal itu dilakukan, tampaknya dampak kebijakan terkait BBM bisa ditekan di tingkat titik terendah.

Read More..
Category:   Leave a Comment
ISU MENGENAI AXIS DAN LAYAR MERAH!!!

Axis dan Setan

Mengenai Axis adalah kartu setan karena menggunakan angka 666 dan sejenisnya berikut ini ada penjelasannya. Kemarin saya sempat bertanya kepada Axis mengenai permasalah ini dan inilah jawaban dari Axis.

AXIS memahami bahwa saat ini banyak beredar SMS yang menghubungkan AXIS dengan satu kepercayaan tertentu yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun demikian AXIS percaya bahwa masyarakat Indonesia dapat mengambil sikap yang bijak dan tidak mudah mempercayai hal-hal yang belum tentu kebenarannya.

AXIS adalah operator GSM dan 3G nasional yang bertujuan untuk menjadikan layanan GSM dan 3G terjangkau bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dengan cara mengembalikan kontrol kepada konsumen melalui penawaran tarif yang mudah dimengerti, transparan dan kompetitif. AXIS didukung oleh dua pemegang saham utamanya, yaitu Saudi Telecom Company (www.stc.com.sa), sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Saudi Arabia dan Maxis Communications Bhd, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Malaysia (www.maxis.com.my). Untuk informasi lebih rinci mengenai AXIS, silakan kunjungi www.axisworld.co.id

Skema tarif AXIS saat ini yang semuanya dimulai dengan angka 6, yaitu Rp60/menit untuk sesama AXIS, Rp60/SMS ke semua operator atau Rp600/menit ke operator lain disusun untuk memudahkan konsumen mengingat skema tarif yang diberlakukan AXIS. Tidak ada unsur lain yang mendasari penyusunan skema tarif ini.

Telepon Merah

Telepon Merah, mungkin ini isu yang lagi hangat diperbicangkan saat ini. Lebih hangat daripada kenaikan BBM. Kabarnya adalah jika ada telepon dari suatu nomor dan layarnya menjadi merah maka orang tersebut akan tewas. Dan sekali lagi semua ini hanyalah hoak/kebohongan semata. Tidak tanggung-tanggung hoax ini adalah import dari Kamboja. Tidak percaya? Berikut ini penjelasan nya, diambil dari Okezone, websitenya disini.

JAKARTA - Pernah mendengar isu mengenai nomor telepon berwarna merah yang cukup meresahkan masyarakat? Ternyata isu tersebut sempat merebak di Kamboja dan hasilnya hanya sebuah kebohongan.

Klo ada yg tlpn NO BERWRN MERAH jgn diangkat krn bs MENELAN JIWA, hr ini disiarkan dibrita,tjd dijkt&duri, n SDH TERBUKTI, skrg msh diusut o/ pihak KEPOLISIAN, dugaan smntr adl kasus PEMBNHN JRK JAUH MELALUI HP o/ DUKUN ILMU HTM/si penelpon adl ROH GENTAYANGAN yg mencr MANGSA, hrp dimngrt & krm ke tmn/sdr semua, hrp slg membnt ssm umat MANUSIA.

Itulah isi lengkap sebuah SMS berantai yang dikirim secara anonim. Entah darimana SMS tersebut berasal namun yang jelas setelah ditelusuri Okezone ternyata SMS tersebut hanya sebuah kebohongan.

Okezone melansir melalui The Mercury online, Sabtu (10/5/2008), terdapat berita dari Pnom Penh yang menyatakan bahwa pihak pemerintahan Kamboja telah mengklarifikasi berita mengenai nomor merah yang dapat menyebabkan kematian. Menteri Komunikasi dan Informatika Kamboja So Khun mengatakan bahwa rumor ini kemungkinan besar dilontarkan untuk memunculkan ketegangan dan keresahan di masyarakat menjelang pemilu Kamboja yang akan berlangsung bulan Juli nanti.

“Semua orang bisa membuat hal seperti ini. Setelah rumor nomor merah ini nanti akan berkembang lagi rumor-rumor yang lain,” ujar So Khun. Berita dari The Mercury ini pun ternyata ditulis pada akhir bulan April tahun ini.

So Khun menganggap rumor seperti ini bukan merupakan hal yang baru di Kamboja, dimana sebagian besar masyarakatnya masih mempercayai hal-hal gaib, ilmu sihir dan roh halus.

Karakter masyarakat yang hampir sama dengan Indonesia. Lihat saja betapa resahnya masyarakat ketika timbul isu mengenai hantu Kolor Ijo atau drakula penghisap darah sapi yang beredar menjelang pemilu.

Bahkan saat ini melempar sebuah rumor bernada gaib seperti itu menjadi semakin mudah. Selain karena didukung karakter masyarakat yang masih percaya hal-hal gaib, juga didukung oleh teknologi ponsel yang kini sudah berada di tangan sebagian masyarakat. (srn)

Read More..
Category:   1 Comment
Rencana Kenaikan BBM

Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan DPR mengadakan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan komisi terkait untuk membahas rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Selain kenaikan harga BBM, rapat konsultasi yang dipimpin Ketua DPR Agung Laksono di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, juga membahas mekanisme pengisian kekosongan jabatan Wakil Ketua DPR pasca pemberhentian Zaenal Maarif dari posisi tersebut.

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM menyusul terjadinya kenaikan harga minyak dunia yang telah mencapai 120 dolar AS per barel.

Lonjakan harga minyak dunia telah berpengaruh langsung kepada Indonesia, di mana pemerintah melalui APBN masih memberi subsidi BBM bagi masyarakat.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Boediono menjelaskan pemerintah akan segera menaikkan harga BBM bersubsidi secara terbatas, dengan memberikan kompensasi cukup besar kepada masyarakat golongan ekonomi lemah.

Dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/5), Boediono juga mengatakan, pemerintah akan menghemat secara total konsumsi BBM dan listrik.

Upaya penghematan yang dilakukan antara lain melalui konversi energi, penghitungan tarif listrik dengan disinsentif dan pengaturan penggunaan listrik di kantor-kantor.

Penghematan BBM, lanjutnya, dilakukan dengan menggunakan kartu pintar (smart card) untuk membatasi premium dan solar bersubsidi yang akan diuji coba di beberapa daerah dan kartu kendali buat membatasi minyak tanah bersubsidi.

Selain itu, pemerintah juga terus melalukan program penghematan belanja negara yang sudah diputuskan APBN Perubahan 2008.

Mengenai pemberian kompensasi bagi masyarakat miskin, menurut Boediono, masih dibahas mekanisme dan besaran bantuan yang diberikan.

Sementara itu, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, pemerintah saat ini sedang mengkaji kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 20 persen, 25 persen, dan 30 persen.

"Jadi kenaikan BBM-nya maksimal 30 persen," kata Paskah, di sela-sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Selasa.

Mengenai kapan keputusan besaran kenaikan harga BBM, Paskah mengatakan, pemerintah masih melakukan kajian-kajian untuk berbagai persiapannya dan minimal membutuhkan waktu sekitar dua minggu. (*)

Read More..
Category:   Leave a Comment
cara download video dari youtube

woro2...buat yang mo download video dari youtube ,Diriku mo ngasih tau caranya,mudah simpel ga perllu repot n yang jelas gratis!!!Karena orang Indonesia suka yang gratis hehehehehe.......


Saat ini banyak sekali tools untuk download video dari layanan seperti youtube tersebut, mulai dari plugins browser, software, sampai web khusus untuk download dari youtube. Tetapi sepertinya berbagai software atau plugins tersebut tidak selalu berhasil, mungkin karena youtube sendiri yang mengubah sistem streaming videonya. Salah satu cara yang mudah adalah menggunakan YouTube Video Download Tool dari TechCrunch yang bisa dibuka disini


Bagaimana Caranya ?

Buka youTube.com dan cari video yang diinnginkan. Setelah video ditampilkan atau video yang dicari didapatkan, klik kanan judulnya dan pilih untuk menyimpan link tersebut. Misalnya : http://youtube.com/watch?v=SXzziqUWUws. Kemudian paste link tersebut di URL yang disediakan di situs TechCrunch tersebut dan klik Get Video. Setelah itu akan tampil menu untuk menyimpan video tersebut, namanya biasanya get_video. Sebelum menyimpan atau setelah selesai, rename file tersebut dan beri ekstensi flv, Misalnya get_video.flv. Untuk memutarnya gunakan VLC, FLV player, Media Player Classic atau player lain yang kompatibel

Read More..
Category:   1 Comment
Tips mengatasi Akill mIRC

kena akill!! jangan menyerah dan santai aja....langkah awal untuk mengatasi akill mIRC adalah scan PC dengan menggunakan anti-vir uptodate, bersihkan semaksimal mungkin pC yang terkena virus.Karena pada dasarnya pC atu jaringan yang terkena akill atau banned terinfeksi oleh virus sprti trojan dll.Maka langkah awlanya adalah dengan cara menghilangkan virus tsb.Kemudian buka link http://www.dal.net/admin/contactkline.php3.Isikan semua kotak pesan dari mIRC atau ID banned di link yang di sediakan.Kik OK, tunggu beberapa saat sekitar 10-20 menit.jangan lupa isikan alamat e-mail anda,karena pihak dalnet akan mengkorfimasikan melewati e-mail anda.Lihat hasilnya!!mIRC dalnet anda akn terkoneksi lagi.SELAMAT MENCOBA!!!

Read More..
Java VM

Program Java yang telah dikompilasi adalah platform-neutral bytecodes yang dieksekusi oleh Java Virtual Machine (JVM). JVM sendiri terdiri dari: class loader, class verification, runtime interpreter, Just In-Time (JIT) untuk meningkatkan kinerja kompilator.

Bahasa mesin terdiri dari sekumpulan instruksi yang sangat sederhana dan dapat dijalankan secara langsung oleh CPU dari suatu komputer. Sebuah program yang dibuat dengan bahasa tingkat tinggi tidak dapat dijalankan secara langsung pada komputer. Untuk dapat dijalankan, program tersebut harus ditranslasikan kedalam bahasa mesin. Proses translasi dilakukan oleh sebuah program yang disebut compiler.

Setelah proses translasi selesai, program bahasa-mesin tersebut dapat dijalankan, tetapi hanya dapat dijalankan pada satu jenis komputer. Hal ini disebabkan oleh setiap jenis komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda. Alternatif lain untuk mengkompilasi program bahasa tingkat tinggi selain menggunakan compiler, yaitu menggunakan interpreter. Perbedaan antara compilerinterpreter adalah compiler mentranslasi program secara keseluruhan sekaligus, sedangkan interpreter menstranslasi program secara instruksi per instruksi. Java dibuat dengan mengkombinasikan antara compiler dan interpreter. dan

Program yang ditulis dengan java di-compile menjadi bahasa mesin. Tetapi bahasa mesin untuk komputer tersebut tidak benar-benar ada. Oleh karena itu disebut "Virtual" komputer, yang dikenal dengan Java Virtual Machine (JVM). Bahasa mesin untuk JVM disebut Java bytecode. Salah satu keunggulan dari Java adalah dapat digunakan atau dijalankan pada semua jenis komputer. Untuk menjalankan program Java, komputer membutuhkan sebuah interpreter untuk Java bytecode.

Interpreter berfungsi untuk mensimulasikan JVM sama seperti virtual computer mensimulasikan PC komputer. Java bytecode yang dihasilkan oleh setiap jenis komputer berbeda-beda, sehingga diperlukan interpreter yang berbeda pula untuk setiap jenis komputer. Tetapi program Java bytecode yang sama dapat dijalankan pada semua jenis komputer yang memiliki Java bytecode.

Read More..
Category:   Leave a Comment